MANAJEMEN STRATEGIK
Manajemen stratejik bertugas mengendalikan suatu proses yang panjang, mengangkat dan menempatkan orang-orang yang akan terkait dalam proses itu. Dengan demikian manajemen stratejik adalah manajemen tingkat makro yang berurusan dengan perencanaan stratejik dan pengambilan keputusan stratejik, sedangkan manajemen lainnya adalah manajemen tingkat mikro, yaitu yang menangani hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan.
Pengertian
Manajemen Strategik
- GLUECK & JAUCH (1989): arus keputusan dan tindakan yang mengarah pada perkembangan suatu strategi yang efektif memberi sumbangan terhadap pencapaian tujuan.
- Siagian (2000): manajemen stratejik adalah serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasika oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut.
- WHEELEN & HUNGER: keputusan dan tindakan manajerial yang di dalamnya terdapat penyusunan rencana strategis.
- Manajemen strategi adalah suatu proses pengambilan keputusan dan tindakan yangmengarah kepada pengembangan strategi yang efektif atau yang membantu perusahaan mencapai tujuannya.
·
PENGEMBANGAN
KEMAMPUAN KONSEP: METODE KASUS DAN AUDIT STRATEGIK
·
Kemampuan
Konsep dalam Bisnis Audit (AUDIT MANAJEMEN)
·
Bagian akhir
dari komponen manajemen strategik adalah evaluasi kinerja organisasi. Komponen
ini memberikan feed-back kepada pengambil keputusan mengenai apakah semua
rencana kerja dapat diimplementasikan sesuai rencana, atau mungkin perlu adanya
perubahan rencana.
·
Audit
manajemen dapat didefinisikan sebagai penilaian sistem manajemen perusahaan
(auditee) untuk mengetahui apakah sistem tersebut beroperasi secara efektif,
dan untuk memperkirakan risiko apa yang mungkin timbul apabila sistem tersebut
tidak beroperasi secara efisien. Dengan demikian, untuk unit organisasional
tertentu, seperti departemen penjualan, penilaian atau pemeriksaan manajemen
akan berfokus pada bagaimana sebaiknya unit tersebut dikelola.
·
Penekanan
audit manajemen adalah pada proses manajemennya, khususnya pada prosedur
perencanaan, organisasi, dan pengendalian aktivitas yang dipilih untuk diaudit.
PERTANYAAN
KRITIS
• Dimana
perusahaan sekarang berada?
• Seandainya
tidak dilakukan perubahan, dimana perusahaan akan berada satu, dua, tiga tahun
yang akan datang? Apakah jawaban ini dapat diterima?
• Bila
jawaban tidak dapat diterima, langkah spesifik apa yang akan diambil
perusahaan? Apa risiko dan penerimaan yang akan diterima?
- Strategic Management dimaksud sebagai pelingkup dan koordinator semua organ dan fungsi dalam organisasi.
- Strategic Management selain sebagai bagian dari ilmu manajemen, juga tumpang tindih dengan banyak disiplin ilmu, terutama: ekonomi, psikologi, sosiologi, dan filsafat.
- Masih terdapat banyak ketidak-sepakatan mengenai batas-batas Strategic Management Domain.
- Presentasi ini berasumsi bahwa “hanya bagian ilmu yang berkaitan langsung/besar dengan kinerja organisasi saja yang dianggap termasuk dalam domain”. Yang dimaksud dengan kinerja adalah “value of the organization”, yaitu untuk maksud apa organisasi itu didirikan. (Misalnya untuk perusahaan: kinerja adalah „value of the firm‟ atau „market capitalization‟).
Artikel Baguss....
BalasHapusAudit strategi sangat diperlukan bagi perusahaan untuk mengetahui posisi dan kinerja strategi yang ada, sehingga perusahaan mampu untuk menerapkan strategi lanjutan yang tepat sasaran.
Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah artikel mengenai manajemen konflik.
Klik --> Makalah Audit Strategic TurkCellk